Skip to content


TINGKAT PRODUKTIVITAS DAN KETAHANAN BEBERAPA GALUR DAN SATU VARIETAS UNGGUL KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA) TERHADAP PENYAKIT KARAT (PHAKOPSORA PACHIRHIZY)

Angga Pradikta, Siti Rasminah, Abdul Cholil, Muh. Cholil M

ABSTRAK

Penyakit karat daun (Phakopsora pachirhizy) merupakan salah satu masalah dalam budidaya kacang hijau karena dapat menurunkan hasil panen 5-95% tergantung pada ketahanan varietas kacang hijau yang dibudidayakan oleh petani. Berbagai cara pengendalian penyakit ini telah dilakukan termasuk penggunaan bahan kimia (pestisida), namun pengendalian secara kimiawi yang tidak sesuai anjuran justru menyebabkan pencemaran lingkungan, bahkan menyebabkan kekebalan bagi penyebab penyakitnya. Oleh karena itu penggunaan varietas unggul yang tahan terhadap penyakit merupakan solusi bijak untuk menyelesaikan permasalahan diatas, karena mudah, murah, aman dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui galur kacang hijau yang tahan penyakit karat daun dan berpotensi produksi tinggi. PenelitianĀ  dilaksanakan di kebun Percobaan Karang Ploso, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur, antara bulan Juni s/d Agustus 2010. Penelitian dirancang menggunakan
rancangan acak kelompok. Lima galur (MMC 331d-kp-3-4), MMC 342d-kp-3-3, MMC 342d-kp-3-4, MMC 120d-kp-5, MMC 152d-kp-2, dan varietas unggul Vima-1 sebagai pembanding) digunakan sebagai perlakuan, masing-masing diulang empat kali. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa galur MMC152d-kp-2, MMC120d-kp-5, danĀ  MMC342d-kp-3-4 memperlihakan potensi hasil panen lebih tinggi dan lebih tahan terhadap penyakit karat daun daripada varietas unggul Vima-1. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengusulkan ketiga galur kacang hijau tersebut dilepas menjadi varietas unggul baru.
Kata kunci: kacang hijau, galur, penyakit karat, ketahanan

download full text

Posted in Uncategorized.